Kadis PMD akui 35 Desa Sudah Terima Dana TKD , Begini pengakuan dan harapan nya

111
Bagikan Berita ini

Bungo news.co.id – Bungo ,Tahun 2018 yang lalu  sebanyak 35 Desa dalam Kabupaten Bungo sudah menerima fee dana Tanah Kas Desa ( TKD ) dari PT.Jamika Raya ( Incasi raya Grouf )

Dana TKD  di masing – masing desa ini sering kali menjadi polemik di tengah masyarakat , pasal nya tidak sedikit para oknum Datuk Rio ( Kepala Desa Red ) tidak melibatkan masyarakat baik dalam rencana pencairan dan penggunaan nya . Bahkan diam – diam di tilep oleh oknum Rio . Kasus serupa terjadi di Kabupaten Tebo menyeret oknum Pjs Rio Dusun Sungai Alai kedalam buih . Tidak jauh bedah di kabupaten Bungo ,sayang nya di kabupaten Bungo di diamkan begitu saja .

Dana TKD yang seyogyanya dari perusahan pengelolah Kebun Sawit di transfer ke rekening desa / dusun nanum di kabupaten Bungo di tarnsper ke rekening penampung ,selanjut nya baru di transfer ke rekening masing -masing dusun / desa .

PLT kadis PMD kabupaten Bungo ,Taufik Hidayat di konfirmasi persoalan tersebut mengatakan ” Dana TKD tahun 2018 sudah di cairkan dan sudah di terima oleh 35 desa ” Tutur nya mengakui

Kendatipun dana tersebut sudah di cairkan pihak nya tidak terjauh terlibat karena pencairan tidak lagi melalui dinas PMD namun melalui Bagian Administrasi SDA Setda Bungo , ” Pencairan nya tidak lagi melalui Dinas PMD tapi melalui Bagian Administrasi SDA Setda , justeru ini membuat kami nyaman karena ke khawatiran bermasalah sebagaimana kasus TKD sebelum nya dapat di hindari ” Ujar nya .

Soal teknis pencairan melalui rekening penampung menurut Taufik Hidayat ia tidak tahu persis apakah menyalahi aturan atau tidak , “Menyalahi atau tidak dana tersebut di transfer ke rekening penampung saya tidak tahu persis , yang jelas masing – masing desa menerima dana TKD minimal Rp.80 jutaan, Silahkan di cek kebenaran nya sesuai data yang bapak miliki ” Kilahnya .

Lebih lanjut Taupik menjelaskan bahwa dalam penggunaan dana di desa terlebih dahulu harus melalui kesepakatan musyawarah ” Tanya saja dengan masing – masing desa nya bang apakah dana tersebut di manfaatkan atau tidak , ” Tutup nya sembari berpesan agar pihak desa penerima dana TKD benar benar transparan dalam penggunaan nya dengan tidak membuat laporan piktif .

Sejumlah simber menyampaikan kepada Bungo news ” Dana TKD di dusun kami tidak jelas penggunaan nya ,tidak transparan dan tidak melalui musyawarah ” Tutur Sumber yang juga tokoh masyarakat dusun di kecamatan Bathin II Babeko sembari minta Dana TKD tersebut di usut yang di benarkan oleh sumber lain nya

” Sepengatahuan saya pembagian dana TKD di masing – masing dusun nilai nya sama , informasi yang  saya terima dana nilainya yang di terima oleh masing – masing desa tidak sama , ini patut di pertanyakan” Tutur sumber yang juga mantan Rio kepada Bungo news.

Terkait regulasi dan teknis pencairan serta dasar hukum dan nilai nominal pencairan  belum di ketahui , Kabag Administrasi SDA Setda Bungo belum dapat memberikan keterangan

Tunggu Khabar selanjutnya hasil investigasi Bungo news di lapangan

( BN – R.001)

Bagikan Berita ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda
Mohon masukkan nama anda